SELAMAT DATANG DI BANDARAPOKER.COM BONUS NEW MEMBER 5%

Solastalgia membentuk suatu kerinduan di tengah ancaman perubahan iklim global


POKER LINE - New York - Istilah solastalgia mulai banyak disebut sejak awal Abad ke 21, yakni ketika isu perubahan iklim menggema sebagai ancaman baru bagi kehidupan manusia.

Bukan hanya di ranah akademik, kata ini juga mulai populer diungkapkan di media, khhususnya media cetak.

Beberapa tokoh kenamaan dunia diketahui aktif mengunakan istilah, seperti Leonardo DiCaprio misalnya, yang hampir selalu menyelipkan kata tersebut di banyak orasinya tentang lingkungan.

Dilansir dari Newsweek pada Selasa (13/3/2018), solastalgia berasal dari gabungan dua kata 'solace' yang berarti pelipur lara dan 'nostalgia' yang berarti upaya mengenang kejadian lalu.

Menariknya, seperti yang sebelumnya disebut di atas, solastalgia berkaitan erat dengan isu perubahan iklim, yakni perasaan rindu terhadap kondisi lingkungan di era dulu.

Sebagai contoh, ketika terjadi kebakaran lahan yang cukup luas di California pada 2017 lalu, banyak media setempat (dan bahkan para warganya) berkeluh kesah dengan menyelipkan istilah tersebut di dalamnya. Mereka rindu suasana California dulu kala yang cukup hijau dan tidak sekering saat ini.

Bukan hanya sebatas omongan, perasaan rindu tersebut mampu menggerakkan masyarakat untuk bertindak melakukan upaya penghentian dampak buruk perubahan iklim.

Hal tersebut dilakukan melalui kampanye penyelamatan lingkungan secara swadaya, mendorong pemerintah berlakukan aturan khusus mengenai penyelamatan lingkungan, dan masih banyak lainnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar